Tumbuh dan Berkembang Jadi Bintang Masa Depan
Home » , , , » Ini Lho...!!! Manfaat Anak Belajar di Alam Terbuka

Ini Lho...!!! Manfaat Anak Belajar di Alam Terbuka

Written By Sekolah Dunia Bintang on Senin, 25 Juli 2022 | 18.21

Pada dasarnya, otak manusia berkembang pesat saat masih usia kanak-kanak. Oleh karena itu, mengenalkan banyak hal penting dilakukan untuk membentuk kepribadiannya kelak. Segala informasi yang diterima oleh anak-anak akan mereka masukkan ke dalam memori, diolah, dan dideskripsikan melalui berbagai tingkah laku. Namun, tentunya setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda.

Dipandu Ms. Yanti dan Ms yang lain anak-anak TK Dunia Bintang Belajar Komputer di Alam Terbuka
Anak TK Dunia Bintang Belajar Computer Di Alam Terbuka
Alam adalah media yang sangat baik untuk proses perkembangan kecerdasan si kecil. Ada banyak hal yang bisa dikenalkan kepada anak. Biasanya, alam juga memberikan suasana berbeda bagi sang buah hati untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan. Ada beragam manfaat anak belajar di alam terbuka yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah? Berikut ulasannya.

Memberikan pengertian bahwa belajar itu tidak harus di dalam kelas (situasi formal)

Dengan belajar di alam terbuka, maka pikiran anak ini akan semakin terbuka. Mereka akan bisa berpikir bahwa kegiatan pembelajaran itu tidak harus dilakukan di dalam kelas saja dan dalam situasi hal yang formal. Namun kegiatan pembelajaran juga bisa dilakukan dimana saja. Sehingga saat anak-anak pulang sekolah pun akan masih tetap terpacu untuk belajar dari lingkungan di sekitar rumahnya. Terkadang, ada sebagian dari guru atau orangtua menganggap bahwa anak-anak baru bisa dikatakan belajar jika berada dalam kelas.

Mudah Memahami dengan Belajar dari Benda yang Konkret

Manfaat anak belajar di alam terbuka yang pertama adalah memberikan kesempatan mereka untuk belajar dari benda nyata. Benda ini bisa berwujud dalam bentuk bebatuan, tanaman, atau sekadar mengamati lingkungan di sekitar. Mempelajari sesuatu dari benda nyata akan membuat mereka lebih mudah untuk memahaminya.

Memberikan Pengertian bahwa Belajar Bukan Kegiatan Membosankan

Belajar di alam terbuka akan membantu membuka pikiran anak. Mereka akan berpikir bahwa belajar bukanlah kegiatan yang membosankan dan harus dilakukan di dalam kelas dengan situasi formal. Namun, belajar dapat dilakukan di mana saja dan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Menumbuhkan Kecintaan pada Alam

Manfaat anak belajar di alam terbuka tentu saja untuk menumbuhkan kecintaannya pada alam semesta serta Sang Pencipta. Berikanlah pengertian akan hal ini sehingga mereka selalu menghargai dan menjaga alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Melatih Motorik Anak

Manfaat anak belajar di alam terbuka selanjutnya adalah memberikan ruang gerak yang lebih luas. Anak-anak dapat leluasa berjalan, bergerak, dan berlari. Hal ini jelas berbeda saat melakukannya di dalam ruangan atau kelas yang secara otomatis akan menstimulasi kekuatan motorik mereka. Anda bisa memberikan berbagai aktivitas fisik yang ringan saat belajar, seperti melompat, berjalan cepat, dan lain sebagainya. Kegiatan ini dipercaya dapat membantu melatih kemampuan motorik anak.

Meningkatkan Keakraban dengan Anak

Belajar dengan suasana yang santai akan membuat anak semakin rileks. Anda bisa bercakap-cakap dengan si kecil dan membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan. Kehangatan ini akan secara otomatis meningkatkan keakraban Anda dengan sang buah hati.

Meningkatkan Keaktifan Anak

Jika Anda membiasakan anak untuk belajar di alam terbuka, anak-anak dapat berekspolarsi secara bebas dan aktif. Meningkatkan keaktifan si kecil adalah salah satu manfaat anak belajar di alam terbuka yang tentunya perlu Anda pertimbangkan.

Memperluas Pandangan Si Kecil bahwa Belajar Dapat Menggunakan Apapun

Saat belajar di alam terbuka, Anda bisa meminta anak untuk melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan di dalam ruangan. Contohnya, mintalah mereka untuk menyebutkan warna bunga yang ada di taman. Mengajak anak belajar dengan benda-benda yang ada di sekitar akan memperluas pandangan mereka bahwa media pembelajaran dapat dilakukan dengan apapun.

Banyak sekali ya manfaat mengajak anak belajar di alam terbuka. Jadi, mulai sekarang Anda bisa mencoba untuk menerapkan hal ini pada si kecil agar mereka lebih bersemangat saat belajar. Berada di lingkungan luar memberikan kesempatan lebih kepada si kecil untuk bisa bergerak, bereksplorasi, dan melakukan berbagai hal lainnya. Buatlah suasana menjadi menyenangkan sehingga mereka tidak berpikir bahwa belajar adalah kegiatan yang sangat membosankan.

Berikut Foto display Anak-anak TK Dunia Bintang Ketika Belajar di Alam Bebas:
















































 
 

Sumber Artikel: Berbagai Media Di Internet
www.dibintang.com
Share this article :

Yayasan

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Ini Lho...!!! Manfaat Anak Belajar di Alam Terbuka

Pada dasarnya, otak manusia berkembang pesat saat masih usia kanak-kanak. Oleh karena itu, mengenalkan banyak hal penting dilakukan untuk me...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Bintang School - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen